Tokoh Masyarakat : Pelaksanaan Pemilu Berlangsung Jurdil

Digtara | Istimewa

digtara.com | MEDAN – Pelaksanaan pemilu 2019 berlangsung lancar dan terkendali, saat ini proses rekapitulasi ditingkat provinsi masih berlangsung. Tokoh agama dan masyarakat pun memberikan apresiasi kepada KPU, Bawaslu, TNI dan Polri, Minggu (12/5/2019)

Tokoh masyarakat di Kecamatan Medan Polonia Ustadz Syukur Dalimunte mengatakan meski pelaksanaan pemilu 2019 menguras tenaga dan banyak penyelenggara yang meninggal dunia, namun pelaksanaannya berlangsung dengan jujur, adil dan aman. Ia meminta peserta pemilu maupun pendukungnya menunggu hasil pengumuman dari KPU.

Muat Lebih

“Mari kita tunggu pengumuman resmi dari KPU, karena sudah diatur dalam undang undang yang berhak mengumumkannya adalah KPU Pusat,” katanya.

Syukur meminta, apabila ada pihak pihak yang merasa dirugikan atau menemukan adanya dugaan kecurangan didukung dengan bukti dan fakta, maka sebaiknya dilaporkan ke Bawaslu dan kalau hasilnya nanti tidak juga dapat memuaskan maka laporkan ke Mahkamah Konstitusi.

Ia juga mengapresiasi ketegasan penegak hukum dalam menjaga situasi kamtibmas di Sumatera Utara yang berlangsung aman, kondusif dan terkendali.

“Mari kita jaga ketertiban dan kondusifitas yang saat ini sudah tercipta. kalau tidak puas dengan hasil pemilu, silahkan tempuh jalur yang diatur undang undang,” ucap Syukur.

Dari data situng website KPU Sumut versi 12 Mai 2019 pukul 23.45 WIB, dari 42668 tps, data yang sudah diinput sekitar 34520 atau 80,9 persen dengan hitungan pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin 53,44 persen dan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi dengan perolehan 46,56 persen.

Pos terkait