KPU Deliserdang ‘Ngebut’ Rekapitulasi Suara

Digtara.com | DELISERDANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Deliserdang mengebut proses rekapitulasi suara yang saat ini masih berlangsung. Penghitungan dilakukan untuk tiga kecamatan yang belum selesai, Percut Sei Tuan, Sunggal dan Tanjung Morawa.

Komisioner KPU Deli Serdang, Syahrial Effendi mengatakan, hingga saat ini proses penghitungan masih dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Untuk Percut Sei Tuan masih pada tahapan rekapitulasi tingkat kecamatan.

Muat Lebih

“Yang belum selesai itu tinggal Percut Sei tuan. Kalau dua kecamatan besar lainnya adalah Tanjung Morawa dan Sunggal,” kata Syahrial.

Syahrial menyebut, rekapitulasi Kecamatan Tanjung Morawa sudah selesai untuk tingkat kabupaten. Sedangkan untuk Kecamatan Sunggal tinggal tahapan rekapitulasi di tingkat kabupaten yang direncanakan akan tuntas sore ini.

Sementara Kecamatan Percut Sei Tuan merupakan wilayah dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) terbanyak, yakni 1.250 TPS. Terhitung pada Selasa (14/5) kemarin, jumlah TPS yang belum dilakukan rekapitulasi tingkat kecamatan ada sekitar 45 TPS.

“Hari ini sudah dibuka sebanyak 20 panel, sehingga sekitar 25 TPS lagi yang masih belum direkapitulasi di tingkat kecamatan,” ungkap Syahrial.

Menurutnya kendala yang menyebabkan lambatnya proses rekapitulasi di beberapa kecamatan karena jumlah TPS yang cukup banyak. Kondisi fisik dan psikologis penyelenggara juga menjadi kendala.

“Situasi penyelenggara yang kelelahan sehingga terjadi kesalahan teknis. Seperti ada surat yang semestinya tidak dimasukkan ke dalam kotak, tapi dimasukkan, mungkin faktor kelelahan,” jelasnya.

Pos terkait