Makna Doa Puasa Ramadan Hari ke-11

SEBAGAI umat muslim kita dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT. Baik itu saat seseorang ingin meminta pertolongan, atau bahkan bersyukur atas apa yang di alami. Terlebih lagi di saat Puasa Ramadan yang suci ini merupakan tempat di mana kita harus berbuat kebaikan, dan melafalkan doa-doa.

Selain berbuat kebaikan, kita juga berdoa agar kita terhindar dari perbuatan maksiat, selain niat untuk menjauhinya kita juga harus memohon kepada Allah agar kita di beri kekuatan untuk menjauhi hal-hal yang tidak baik tersebut selama puasa Ramadan.

Dengan terus mengingat Allah dalam bulan ramadhan, dengan berdoa dan meminta pertolongan kepada-NYA, itu juga merupakan ibadah kepada ALLAH SWT.

Untuk berdoa agar terhindar dari perbuatan kemaksiatan dalam kehidupan kita, dan berbuat baik kepada sesama. Berikut doa puasa pada bulan Ramadan saat hari ke sebelas;

اَللَّهُمَّ حَبِّبْ إِلَيَّ فِيْهِ الْإِحْسَانَ وَ كَرِّهْ إِلَيَّ فِيْهِ الْفُسُوْقَ وَ الْعِصْيَانَ وَ حَرِّمْ عَلَيَّ فِيْهِ السَّخَطَ وَ النِّيْرَانَ بِعَوْنِكَ يَا غِيَاثَ الْمُسْتَغِيْثِيْنَ

Allahumma habbib ilayya fihil ihsan wa karrih fihil fusuq wal ‘isyan wa harrim ‘alayya fihis sakhatha wanniran bi’aunika ya ghiyatsal mustaghitsin

Artinya: “Ya Allah Mohon tanamkanlah ke dalam diriku kecintaan kepada perbuatan baik, dan tanamkanlah ke dalam diriku kebencian terhadap kemaksiatan dan kefasikan. Mohon jauhkanlah dariku kemurkaan-MU dan api neraka dengan pertolongan-MU, Wahai Penolong orang-orang yang meminta pertolongan”.

Dalam lafal doa tersebut kita meminta doa untuk dapat berbuat baik. Baik kepada sesama, atau bahkan makhluk Allah SWT yang lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Sehingga itu akan membuat hati kita akan menjadi lebih tenang, kita dapat bermusyawarah dengan orang lain, tidak adanya rasa dendam kepada sesama dan kita juga mendapatkan pahala yang berlimpah.

Sama halnya dengan meminta dijauhkan dari perbuatan yang tidak baik, yaitu kemaksiatan yang Allah sudah pasti melarangnya. Dengan melafalkan doa terbebut selama puasa Ramadan, semoga dapat membuat kita menjadi lebih baik untuk dapat menjalankan ibadah puasa.

Pos terkait