WTP Simarmata Pimpin Perolehan Suara DPD-RI di Sumut

WTP Simarmata raih posisi pertama perolehan suara DPD-RI asal Sumatera Utara (ist)

digtara.com | MEDAN – Calon anggota DPD-RI nomor urut 38, Williem Tumpal Pandapotan (WTP) Simarmata masih menempati tempat pertama dalam rekapitulasi suara calon DPD-RI asal Sumatera Utara yang digelar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara, di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Medan, Jumat (17/5/2019) malam.

Mantan Ephorus pada Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) itu, berhasil meraih suara terbanyak dengan raihan 752.577 suara. WTP Unggul jauh dari para pesaingnya, yakni Dedi Iskandar Batubara, Parlindungan Purba, Muhammad Nuh, Faisal Amri dan Badikenita Sitepu, yang hanya meraih suara dibawah 700 ribu.

Muat Lebih

Dedi Iskandar Batubara (nomor urut 26) yang merupakan calon petahana, hanya meraih 662.683 suara. Sementara Parlindungan Purba yang memiliki nomor urut 31, meraih 439.914 suara. Raihan suara Parlindungan terpaut 7 ribuan suara dari Muhammad Nuh (calon nomor urut 30) yang meraih 432.168 suara.

Dua calon anggota DPD-RI lainnya yang masih memiliki potensi cukup besar untuk melaju ke Senayan, adalah Faisal Amri (nomor urut 27) dan Badikenita Sitepu (nomor urut 23). Hal itu karena raihan suara keduanya cukup dekat dengan peringkat tiga dan empat. Faisal Amri berhasil meraih 423.483 suara sementara Badikenita meraih 421.027 suara.

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi di KPU Sumatera Utara, Jumat 17 Mei 2019 (gie/digtara)

Ketua KPU Sumut, Yulhasni menyebutkan, malam ini mereka telah merampungkan rekapitulasi suara untuk Kabupaten Nias Selatan yang sebelumnya sempat tertunda.

Dengan selesainya rekapitulasi suara dari Kabupaten Nias Selatan, maka rekapitulasi suara untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara (DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR-RI, DPD-RI dan juga Presiden), sudah rampung untuk 32 kabupaten/kota di Sumut.

Kini masih tersisa 1 kabupaten lagi yang belum direkapitulasi, yakni Kabupaten Deliserdang. Kabupaten yang mengelilingi Kota Medan itu memiliki jumlah pemilih yang cukup besar, mencapai lebih dari 1 juta pemilih.
Jumlah itu masih bisa mempengaruhi komposisi peringkat para calon anggota DPD-RI asal Sumatera Utara yang akan melaju ke Senayan.

“Rekapitulasi akan dituntaskan hingga besok. Sesuai dengan batas waktu yang diperkenankan KPU RI,”tandas Yulhasni.

[AS]

Pos terkait