Diduga Dimakan Harimau, Seorang Pria Ditemukan Tewas Kepala Terputus

Digtara.com | PALAS – Abusali Hasibuan (62) salah seorang warga di Desa Aek Siraisan, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas ditemukan tewas di areal kebun Jembatan Bosi dengan kondisi mengenaskan. Pria yang ditemukan tewas dengan kepala terputus itu diduga dimakan Harimau.

Untuk menyelidiki perkara itu, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara (BBKSDA Sumut) sudah menurunkan tim sekaligus membawa kandang harimau.

Muat Lebih

“Tim sudah di lapangan diselidiki. Mungkin diotopsi dulu di RS. Apapun itu kan harus ada minta pendapat dari ahli, dokter atau apa,” kata Kepala BBKSDA Sumut, Hotmauli Sianturi.

Hotmauli mengakui desa tersebut berdekatan dengan Suaka Margasatwa Barumun yang menjadi habitat harimau sumatera (Panthera tigris sumatera). Namun pihaknya tidak bisa memperkirakan pergerakan harimau Sumatera.

“Jadi tim di lapangan membawa kandang dan bunyi-bunyian untuk menghalau. Karena kita belum tahu keberadaannya. Artinya itu distandbykan di situ. Kalau misalnya nampak dan bisa dipancing masuk ke kandang,” katanya.

Saat ini pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak berada di ladangnya di atas jam 5 sore. Begitupun ketika ladangnya berada jauh dari pemukiman, maka tidak boleh sendirian.

“Sangat prihatin lah kalau terjadi seperti ini. Dilematis juga kan. Itu habitatnya tapi bagaimana perkembangan manusia semakin dekat ke kawasan. Kayaknya ini kasus pertama di situ,” katanya.

Pos terkait