Kresna Ola Sosok Polisi Yang Berantas Buta Aksara di Perbatasan

Brigadir Polisi Kresna bersama peserta didik di depan rumah baca Merah Putih

Digtara.com | KUPANG – Anggota Bhabinkamtibmas ini bukanlah polisi biasa. Selain menjalankan tugasnya dalam keseharian sebagai anggota polisi yang ditugaskan di Desa Kenebibi Kecamatan Kakulukmesak, Kabupaten Belu, nusa Tenggara Timur,  ia juga menjadi guru bagi masyarakat yang hidup di wilayah perbatasan.

Ya, Brigadir Polisi Kresna Ola menjadi salah satu sosok polisi mulia dari ribuan polisi yang menjalankan program pemerintah dalam memberantas buta aksara di wilayah batas RI – Timor Leste bagi eks warga Timor Timor tersebut, Rabu (12/6/2019).

“Saya mulai bertugas di wilayah tersebut sejak 2015, mulai menghimpun warga sejak 2016 dan mulai mengajari masyarakat agar tidak buta aksara,” kata Kresna.

Ia menceritakan kalau sumber daya manusia di wilayah tersebut sangat rendah, sehingga berdampak pada tindakan masyarakat  yang kerap mengarah ke perbuatan kriminal seperti aksi pajak liar, penganiayaan dan mengkonsumsi minuman keras hingga mabuk dan berbuat keonaran.

Berbekal tekad dan semangat yang tinggi, bintara lulusan SPN Kupang Polda NTT  2015 lalu terlebih dahulu mengenali karakter warga setempat kemudian membentuk komunitas sekolah buta aksara Desa Kenebi.

“Saya berkeinginan warga bisa mengenal huruf sehingga kedepannya mulai bisa membaca dan menulis,” harap Kresna.

Sambil mengajar, Kresna sekaligus menghimbau warga agar menasehati anak-anak mereka tidak melakukan kejahatan. Awalnya kelompok ini beranggotakan 60 bapak dan ibu buta aksara. Namun karena terkendala jarak rumah yang berjauhan maka peserta didik dibagi menjadi dua kelompok.

Walau terkendala kurangnya tempat belajar maupun alat tulis, dirinya tetap berupaya mengagendakan jam belajar.  Waktu belajar pun disesuaikan dengan waktu luang warga masyarakat. Namun setiap minggu dilakukan pertemuan setiap hari Rabu petang antara pukul 15.00 hingga 16.00 Wita.

Secara swadaya dalam menjalankan misi kemanusiaan tersebut,  Kresna dibantu Kapolsek Kakulukmesak Polres Belu saat itu, Iptu Ketut berupaya membeli buku dan pensil tulis bagi peserta kelompok belajar.

Pos terkait