BPBD Karo: Masih Ada Keterbatasan Alat Evakuasi Material Lahar Dingin

Digtara.com | KARO – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Karo, Martin Sitepu mengatakan hingga, Kamis (11/7/2019) siang, pihaknya masih melakukan pembersihan disejumlah rumah warga terkait banjir lahar dingin yang terjadi di Kabupaten Tanah Karo.

Ia menjelaskan lahar dingin dari Gunung Sinabung yang menerjang Kabupaten Tanah Karo terjadi di Desa Kutambaru Kecamatan Tiganderket.

Muat Lebih

“Kita saat ini sedang melakukan pembersihan di beberapa rumah warga bersama dengan Dinas PU, akibat lahar dingin dari Sinabung yang terjadi tadi malam,” ujarnya saat dihubungi selulernya, Kamis (11/7/2019) siang.

Ia mengatakan, lahar dingin yang terjadi menimbulkan ketebalan lumpur setinggi satu meter, sehingga saat ini dengan bantuan alat seadanya, pihaknya terus berupaya melakukan pembersihan.

“Saat ini badan jalan menuju Desa Perbaji dan Kuta Mbaru yang tadinya tertutupi material lahar dingin sudah kita bersihkan dan dilalui,” ujarnya.

Lanjut dikatakannya, pihaknya mengaku masih mengalami keterbatasan kendala prasarana, seperti alat dan tenaga untuk melakukan pembersihan lumpur lahar dingin tersebut.

“Namun kita sudah siapkan damkar tiga unit untuk membersihkan halaman rumah warga yang terkena lumpur lahar dingin,” ungkapnya.

Ia mengatakan, akibat lahar dingin tersebut, beberap rumah warga yang terkena di Desa Kuta Mbaru, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo yaitu rumah milik Johanes Sembiring, Jaka Surbakti, Juhen Sembiring, Masliani br Barus dan Puskemas Kuta Mbaru.(win)

Pos terkait