Kabar Pilkada Politik

Minggu, 14 Juli 2019 - 17:37 WIB

5 bulan yang lalu

logo

KPU Medan Ajukan Rp65 Miliar Biaya Pilkada 2020

Digtara.com | MEDAN – KPU Kota Medan mengajukan besaran anggaran Pilkada 2020 yang relatif tidak jauh berbeda dengan Pilkada sebelumnya, yakni berada pada kisaran Rp65 miliar.

Menurut Agusyah Damanik, Ketua KPU Medan, saat ini masih dilakukan kajian bersama dengan pemerintah kota mana mata anggaran yang bisa diefisienkan dan mana yang harus diadakan.

“Kami mengusulkan anggaran Pilkada Medan 2020 sekitar Rp65 miliar. Belum termasuk antisipasi pemungutan suara ulang,” katanya, Minggu (14/7).

Selain pencetakan surat suara, mata anggaran terbesarnya adalah untuk operasional TPS, meski tidak akan sebanyak saat Pemilu 2019.

Dalam pendirian TPS pada Pemilu lalu, rasionya adalah maksimal sebanyak 300 pemilih per TPS, tetapi dalam Pilkada hanya 400.

“Jadi, jumlah TPS yang kami usulkan dalam Pilkada Medan 2019 sebanyak 3.200 TPS,” ujarnya.

Jumlah itu tidak akan direvisi sepanjang Peraturan KPU dan UU Pilkada belum mengalami perubahan.

Berdasarkan aturan, jumlah DPT akan mengacu kepada Pemilu terakhir, sedangkan jumlah TPS mengacu pada Pilkada sebelumnya.

Saat ini, lanjutnya, sedang dilakukan uji publik oleh KPU RI mengenai jadwal dan tahapan Pilkada 2019. Karena itu KPU Medan masih menunggu Peraturan KPU mengenai Pilkada 2019 diterbitkan.

Sambil menunggu inilah KPU Medan memersiapkan rancangan anggaran dan dalam rancangan, tahapan Pilkada dimulai pada bulan September.

Kendati demikian, Irwan Ritonga, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Medan, mengungkapkan jumlah anggaran yang berbeda.

Dia mengaku, berdasarkan usulan yang diterima dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Medan, total biaya Pilkada Medan 2020 akan mencapai Rp127,8 miliar.

“KPU mengusulkan Rp92,8 miliar, sedangkan Bawaslu mengusulkan Rp35 miliar,” ujarnya.

Menurutnya, anggaran Pilkada Medan 2020 mengalami lonjakan yang cukup signifikan dibandingkan dengan Pilkada 2015. Dalam Pilkada 2015, KPU Medan hanya mengajukan sekitar Rp65 miliar.

Namun memang, lanjutnya, nilai itu masih sangat berpeluang bertambah atau berkurangp karena masih dalam pembahasan.

Pembahasan yang dilakukan meliputi persoalan-persoalan teknis yang mempengaruhi anggaran secara signifikan, seperti jumlah TPS dan DPT.[win]

Artikel ini telah dibaca 371 kali

Baca Lainnya