Kabar

Selasa, 16 Juli 2019 - 20:30 WIB

6 bulan yang lalu

logo

Gerhana bulan parsial akan terlihat di Kota Medan pada Rabu 17 Juli 2019 dini hari (net)

Gerhana bulan parsial akan terlihat di Kota Medan pada Rabu 17 Juli 2019 dini hari (net)

Yuk Lihat Gerhana Bulan di OIF UMSU

digtara.com | MEDAN – Pengelola Observatorium Ilmu Falaq (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengundang masyarakat untuk hadir menyaksikan gerhana bulan dari tempat mereka. Gerhana bulan diprediksi akan terjadi Rabu 17 Juli 2019 sekitar pukul 02:00 WIB dini hari nanti.

Kepala OIF UMSU, Arwin Juli Rakhmadi Butarbutar, mengatakan, gerhana bulan yang terjadi dini hari nanti, merupakan gerhana bulan parisal yang terlihat dari sejumlah wilayah di Indonesia termasuk di Medan.

“Untuk itu, kita mengajak masyarakat untuk melihat gerhana bulan, serta melaksanakan shalat Sunnah gerhana, ini kan Sunnah nabi,”ujar Arwin, saat dihubungi digtara.com, Selasa (16/7/2019).

Arwin menjelaskan, gerhana bulan parsial merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari, sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Sedangkan gernaha bulan terjadi ketika sebagian bulan berada di umbra dan sebagian lainnya di penumbraan.

“Bulan akan terlihat indah dengan gradasi warna merah di sebagian penampangnya dan bisa juga diamati dengan memakai kamera digital yang dipasangi lensa tele,” terangnya.

Salah satu teleskop yang ada di Observatorium Ilmu Falaq UMSU (net/ist))

Untuk memfasilitasi masyarakat melihat gerahan bulan tersebut, Arwin mengaku pihaknya menyiapkan teleskop bagi masyarakat yang hadir.

“Selain di Indonesia, gernaha bulan parsial ini juga dapat dilihat di beberapa negara besar, seperti Amerika Selatan, Eropa, Asia, Afrika hingga Australia. Ini gerhana bulan terakhir yang bisa kita lihat di tahun ini,” ungkapnya.

[AS]

Artikel ini telah dibaca 37 kali

Baca Lainnya