Komisioner Bawaslu Asahan Ibnu Azhar Disebut Kader Partai Golkar

Foto : Ibnu Azhar (Pria berbaju kuning) diduga merupakan anggota partai Golkar.

Digtara.com | MEDAN – Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Asahan Ibnu Azhar disebut merupakan kader partai Golkar. Hal ini diungkapkan Anton Sihombing yang juga Anggota DPR / MPR RI dalam persidangan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu dengan perkara nomor 110-PKE-DKPP/V/2019 melalui video conference, dengan pihak pengadu, Anthon Sihombing.

Dalam persidangan tersebut di menit ke 51,43 detik, video milik DKPP pada Senin 15 Juni 2019 lalu terjadi dialog yakni :

Muat Lebih

Itu yang baju biru ketua Bawaslu, Ibnu tanya Anton.

Iya pak, jawab Ibnu

Terus terang saja ini kader saya di Golkar. Tapi saya syukuri dia bisa masuk ke Bawaslu. Tapi ini tidak bantu saya, bantu yang benar bukan membantu untuk membengkokkan, kata Anton dalam video tersebut.

Dalam undang undang pemilu pasal 11 Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu memaparkan sejumlah persyaran menjadi anggota KPU dan Bawaslu salah satunya tidak menjadi anggota partai politik.

Saat dikonfirmasi, Marwan, Komisioner Bawaslu Sumut mengatakan pihaknya tidak pernah membahas dugaan tersebut, khususnya dalam pelaksanaan Small Group Discussion (SDG).

“Waktu itu enggak ada tanggapan masyarakat mengenai Ibnu Azhar,” ujarnya, Kamis (18/6/2019)

Pos terkait