Kapolda Sumut Musnahkan Ratusan Kilogram Barang Bukti Narkoba

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu dengan cara direbus di Mapolda Sumut.

Digtara.com | MEDAN – Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto memusnahkan ratusan kilogram barang bukti narkoba dari berbagai kasus tangkapan Dit Narkoba Polda Sumut dalam kurun waktu 11-18 Juli 2019 lalu.

Jenis narkoba yang dimusnahkan yakni sabu sebanyak 160 kg, ekstasi 16.224 butir, daun khat 15 kg dan ganja kering 169 kg, Jumat (9/8/2019) Sumatera Utara.

Muat Lebih

“Dari narkoba sebanyak itu, ada 93 orang yang jadi tersangka, dua diantaranya ditembak mati karena melawan petugas,” kata kapolda.

Agus menjelaskan untuk pemusnahan sabu dilakukan dengan cara direbus sedangkan ganja dan daun khat dengan cara dibakar. Sebelum dilakukan pemusnahan, sudah dilakukan uji di depan awak media dengan melibatkan berbagai pihak termasuk Laboratorium Forensik.

“Pengujian sebelum dimusnahkan sangat penting, untuk memastikan itu merupakan narkoba, sehingga tidak ada prasangka buruk,” tegasnya.

Dari total keseluruhan barang bukti yang dimusnahkan, papar Agus,berarti sudah berhasil menyelamatkan 1.621.400 generasi bangsa dengan asumsi satu gramnya digunakan untuk 10 pemakai. Sedangkan untuk narkotika jenis ganja, pemusnahan ini berhasil menyelamatkan 170 ribu pengguna dengan asumsi, satu gram untuk satu orang.

“Sedangkan daun khat menyelamatkan 15.900 orang. Untuk daun khat hanya bisa dibuktikan di laboratorium tidak bisa disini,” ujar Agus.

Atas perbuatan para tersangka, tegas Agus, mereka dikenakan Undang undang Narkoba Nomor 35 Tahun 2009 dengan berbagai pasal dan ancaman hukuman paling lama 20 tahun penjara.

(Put)

Pos terkait