Tekno

Minggu, 25 Agustus 2019 - 07:01 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Tim eSports Indonesia saat bertanding pada ekshibisi eSports cabang permainan Arena of Valor (AOV) Asian Games ke-18 di Britama Arena, Jakarta, Minggu 26 Agustus 2018 (antarafoto/inasgoc)

Tim eSports Indonesia saat bertanding pada ekshibisi eSports cabang permainan Arena of Valor (AOV) Asian Games ke-18 di Britama Arena, Jakarta, Minggu 26 Agustus 2018 (antarafoto/inasgoc)

Menkominfo Klaim Sudah Siapkan Infrastruktur Esports di Daerah

digtara.com | SURABAYA – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengklaim bahwa pemerintah telah menyiapkan insfrasruktur untuk mendukung perkembangan Electronic Sports (esports) di daerah-daerah Indonesia.

“Kami telah menyiapkan infrastruktur. Karena yang memainkan game banyak melalui internet. Jadi, yang dikembangkan tidak hanya 4G, tapi broadband yang ada di daerah-daerah,” ujar Menkominfo Rudiantara usai membuka acara Gamers Land Party (GLP) 2019 di JX International Surabaya pada Sabtu 24 Agustus 2019 kemarin.

Ia menyampaikan pemerintah melihat bahwa banyak peluang yang bisa didapat dari esports, seperti menjadi atlet di ajang SEA Games maupun Asian Games.

Peluang kedua yang menjanjikan dari esports, kata dia, adalah bisa dijadikan sebagai profesi, sebab saat ini bukan lagi jadi pekerjaan sambilan, tapi profesi yang penghasilannya bahkan melebihi menteri.

“Ketiga, nanti kita tidak boleh diam hanya menggunakan game luar negeri. Gameloft yang dari Prancis yang mengembangkan adalah anak-anak di Yogyakarta. Artinya, kita mempunyai kemampuan,” ucapnya seperti dilansir UZONE.

Dia berharap, pada tahun 2020 game yang ada sudah mempunyai karakter tokoh dari Indonesia seperti Gatotkaca.

Dia percaya pengembangan esports akan berdampak pada perkembangan ekonomi di Indonesia, sebab dalam satu acara bisa menghasilkan uang hingga miliaran rupiah.

[AS]

Artikel ini telah dibaca 31 kali

Baca Lainnya