27 Ribu Personel Amankan Pelantikan Jokowi-Ma’ruf

  • Whatsapp
27 Ribu Personel Amankan Pelantikan Jokowi-Ma’ruf
Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi saputra (tengah)

digtara.com | JAKARTA – Presiden dan wakil presiden  terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, akan dilantik pada 20 Oktober 2019 mendatang. Untuk memastikan prosesi pelantikan berjalan dengan aman, Polisi menyiagakan sebanyak 27 ribu personel keamanan.

Operasi pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden ini diberi sandi Operasi Mantap Brata. Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra, mengatakan, operasi tersebut akan berakhir hingga sehari setelah pelantikan.

Muat Lebih

“Secara keseluruhan, untuk pengamanan pelantikan presiden dan wapres, seluruh jajaran polisi mengamankan. Tetapi sentral di Jakarta di mana tempat pelantikan dilakukan. Untuk itu, Polri menyiapkan 27 ribu personel. Terdiri dari TNI, Polri, Pemerintah Daerah, dan beberapa instansi terkait,”ujar Asep seperti dilansir dari laman Polri, Rabu (9/10/2019).

Pada 30 Juni 2019 lalu, KPU resmi menetapkan Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024. Penetapan Jokowi-Ma’ruf Amin itu dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) KPU nomor 1185/PL.01.9-Kpt/06/KPU/VI/2019 dan Berita Acara nomor 152/PL.01.9-BA/KPU/VI/2019.

Penetapan Presiden dan Wapres terpilih ini dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan putusan atas sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden-Wakil Presiden. MK menyatakan menolak seluruh gugatan yang diajukan pasangan Prabowo-Sandi.

[AS]

Pos terkait