Pilkada 2020, Gerindra Targetkan Kemenangan 50 Persen di Sumut

  • Whatsapp
istimewa/net

digtara.com | MEDAN – Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memasang target tinggi pada pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020 mendatang. Di Sumatera Utara, Gerindra menargetkan kemenangan 50 persen daerah total 23 kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada.

Hal itu dikatakan, Sekretaris Pengurus Daerah (DPD) Partai Gerindra Sumatera Utara, Robert L Tobing, kepada digtara.com, Selasa (15/10/2019).

Muat Lebih

“Kita menargetkan 50 persen kemenangan dalam Pilkada 2020. Itu artinya, Gerindra menginginkan kemenangan setidaknya di 12 dari 23 daerah yang menggelar Pilkada 2020 di Sumut,”sebutnya.

Dia mengatakan, partainya optimis mampu merealisasikan target itu. Optimisme itu dilatarbelakangi hasil Pemilu 2019, dimana mereka berhasil mengantongi suara terbanyak di lima daerah. Yakni Kabupaten Deliserdang, Serdangbedagai, Asahan, Tapanuli Selatan dan Kabupaten Mandailing Natal.

Selain itu, Gerindra Sumut juga menaruh harapan besar bisa juga memenangkan Pilkada 2020 di daerah-daerah yang pada pemilu lalu mereka meraih posisi dua besar. Seperti di Kota Medan, Kabupaten Karo, Kota Sibolga, Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun.

“Terlebih pada daerah-daerah tersebut Gerindra dapat menjadi partai pengusung pasangan calon kepala daerah. Belum lagi jika Gerindra juga menggandeng parpol lain di daerah-daerah itu,”tukasnya.

GERINDRA TERBUKA UNTUK SOSOK EKSTERNAL

Untuk memperbesar peluang memenangkan pilkada, lanjutnya, Gerindra Sumut tidak akan ngotot pada figur-figur tertentu. Gerindra Sumut akan mengusung figur yang dinilai memiliki kapasitas dan diinginkan masyarakat luas. “Baik itu berasal dari internal maupun eksternal partai,”tegasnya.

Adapun kontestasi Pilkada serentak pada 2020 akan digelar di 17 kabupaten dan 6 kota di Sumut. Mereka adalah Kabupaten Tapanuli Selatan, Nias, Karo, Simalungun, Asahan, Labuhanbatu, Toba Samosir dan Mandailing Natal.

Kemudian Kabupaten Nias Selatan, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Serdangbedagai, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Nias Utara dan Nias Barat. Lalu di Kota Medan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Binjai serta Gunungsitoli.

Ketua Umum DPD Partai Gerindra Sumut Gus Irawan Pasaribu sebelumnya mengatakan, partainya telah menggelar Rapat Koordinasi Teknis Pilkada 2020. Adapun salah satu keputusannya adalah membuka pendaftaran bakal calon mulai tanggal 19 Oktober sampai 3 November 2019.


[AS]

Pos terkait