Tekno

Senin, 4 November 2019 - 16:01 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Dirjen Aptika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangarepan dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema

Dirjen Aptika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangarepan dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema "Ada Apa Dengan PP No.71 Tahun 2019 (PP PTSE)", bertempat di Ruang Serba Guna, Gedung Utama Kemkominfo, Jakarta, Senin 4 November 2019 (ist)

Pemerintah Rencanakan Operasional Cloud di 2022

digtara.com | JAKARTA – Pemerintah berencana menggunakan teknologi cloud computing untuk menampung data strategis dan layanan umum. Rencana itu akan direalisasikan di tahun 2022 mendatang.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) pada Kementerian Komunikasi dan Informasi, Semuel Abrijani, saat mengikuti Forum Diskusi Media Forum Merdeka Barat di Ruang Serbaguna Roeslan Abdul Ganbi, Kemenkominfo, Jakarta, Senin (4/11/2019).

“Iya, saat ini kita sedang membangun cloud pemerintah. Realisasi operasionalnya tahun 2022 mendatang,”sebut Semuel.

Selain infrastruktur, pihaknya lanjut Semuel, juga tengah menyiapkan regulasi pemanfaatan cloud pemerintah tersebut.

“Kami sudah mensinergikan dengan Perpres Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE),” tuturnya.

Sementara itu, untuk klasifikasi data yang ada dalam lingkup publik, Samuel menegaskan, ke depan akan diatur dalam peraturan menteri tersendiri. Seiring itu rencana pembangunan Cloud itu, Samuel membeberkan, kelak akan ada empat data centre. Hanya saja, dia masih belum mau menjelaskan secara detil di mana saja Cloud akan ditempatkan.

[AS]

Artikel ini telah dibaca 27 kali

Baca Lainnya