Imbas Pandemi COVID-19, Perajin Pernak-Pernik Ramadan Sepi Pembeli

digtara.com

Pandemi Covid-19 membuat bulan suci Ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kondisi ini turut dirasakan perajin pernak-pernik Ramadan di Kota Medan. Perajin Pernak-Pernik Ramadan

Salah satu perajin pernak-pernik yang ada di Jalan Adi Sucipto, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan. Munawir Al Hamdani pemilik usaha yang sudah berjalan selama 5 tahun ini mengatakan, pandemi Covid-19 membuat penjualan pernak-pernik bulan Ramadan turun drastis dibandingkan tahun sebelumnya. Pernak-pernik seperti model ketupat dan jenis lainnya kini sepi pembeli.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Sambut Ramadhan, Pasar Tradisional di Medan Dibanjiri Emak-emak

Biasanya pernak-pernik Ramadan buatannya sudah di pesan sekitar satu bulan sebelum Ramadan. Pernak pernik milik Munawir ini umumnya dipesan oleh pihak perusahaan untuk di pajang di kantor sebagai bahan hiasan ataupun pusat dari perbelanjaan. Sepinya permintaan juga menyebabkan Munawir harus merumahkan para  karyawannya yang kini hanya tersisa 3 orang dari total 15 pekerja.

Dari  sisi omzet pun juga jauh berkurang,sebelum pandemi ini,Munawir bisa meraup untung minimal 2 juta perhari. Namun pada ramadhan kali ini untuk bisa menutup biaya produksi saja dirinya sudah merasa bersyukur. Munawir berharap pandemi covid-19 cepat berlalu agar roda perekonomian di Indonesia kembali normal, serta aktifitas jual beli kembali berjalan.

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

Pos terkait