AS Kirim Tiga Kapal Perang ke Laut China Selatan, RI Siaga di Natuna

  • Whatsapp
AS Kirim Tiga Kapal Perang ke Laut China Selatan, RI Siaga di Natuna
Ilustrasi

digtara.com – Setelah 10 pemimpin negara ASEAN menolak klaim historis China atas Laut China Selatan, Amerika Serikat dikabarkan sudah mengerahkan sejumlah armada militernya di Laut China Selatan. AS Kirim Tiga Kapal Perang

Mengutip Japan Times, pada Minggu (28/6/2020), dua kapal induk AS memulai latihan bersama di Laut Filipina.

Latihan bersama ini digelar sehari setelah para pemimpin Asia Tenggara menyampaikan beberapa pernyataan terkuat mereka. Mereka menentang klaim Beijing atas hampir seluruh Laut Cina Selatan dengan alasan historis.

Bacaan Lainnya

Angkatan Laut AS menyatakan Carrier Strike Groups yang terdiri dari kapal induk USS Nimitz dan USS Ronald Reagan. Kapal ini memulai latihan tersebut untuk meningkatkan komitmen responsif, fleksibel, dan konsisten, Amerika Serikat terhadap kesepakatan pertahanan timbal balik dengan sekutu dan mitra di Indo-Pasifik.

Selain latihan digelar tepat seminggu oleh USS Nimitz dan kapal militer AS lainnya. USS Theodore Roosevelt akhirnya juga melakukan operasi bersama di perairan tersebut.

“Kami secara agresif mencari setiap peluang untuk memajukan dan memperkuat kemampuan dan kecakapan kami dalam melakukan semua operasi perang domain,” kata Laksamana Muda George Wikoff, komandan Carrier Strike Group 5.

Selama ini, AS juga tidak pernah melakukan latihan militer dua kali berturut-turut dalam jangka waktu yang berdekatan.

RI Siaga di Natuna

Pos terkait