Klaster Baru Infeksi Covid-19 Muncul di Wuhan Usai Cabut Lockdown

  • Whatsapp
Klaster Baru Infeksi Covid-19 Usai Cabut Lockdown
Ilustrasi

digtara.com – Wuhan, sebagai episentrum wabah virus korona jenis baru di China yang menyebabkan Covid-19, hari Senin (11/5/2020) melaporkan klaster pertama infeksi baru sejak lockdown dicabut satu bulan lalu.

Dalam laporan itu Wuhan mengkonfirmasi 5 kasus infeksi baru, yang semuanya tinggal dalam satu rumah yang sama. Salah satu dari mereka adalah istri dari seorang pasien laki-laki berusia 89 tahun yang sehari sebelumnya dilaporkan positif Covid-19.

Semua kasus terbaru ini sebelumnya diidentifikasi sebagai orang tanpa gejala (asymptomatic), yaitu orang yang dites positif Covid-19 dan dapat menularkannya ke orang lain tetapi mereka tidak menunjukkan gejala penyakit misalnya demam.

Bacaan Lainnya

Berapa banyak jumlah kasus asymptomatic ini di China tidak diketahui. Pasalnya mereka baru terdeteksi petugas kesehatan setelah diketahui positif dari tes yang dilakukan sebagai upaya pelacakan jejak penularan dan pemeriksaan kesehatan, lapor Reuters.

Baca Juga: Jumlah Kasus Covid-19 Mulai Menurun, Pantai-Pantai di Australia Kembali Dibuka

China tidak memasukkan kasus asymptomatic ini dalam perhitungan keseluruhan infeksi Covid-19 sampai mereka benar-benar menunjukkan gejala infeksi. Sejauh ini jumlah kasus infeksi terkonfirmasi di China mencapai 82.918 dengan angka kematian 4.633.

Menurut otoritas kesehatan Wuhan, di kota itu terdapat ratusan kasus asymptomatic yang sedang dalam pemantauan.

Infeksi Baru di Jilin

Sementara itu di Provinsi Jilin, hari Sabtu melaporkan satu klaster infeksi di salah satu kotanya yaitu Shulan. Di provinis yang terdapat di bagian timur laut China tersebut terdapat tiga kasus infeksi baru.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan