Amerika Rusuh, Harga Emas Diprediksi Menguat Hari Ini

  • Whatsapp
Harga Emas Spot Gara-gara The Fed Harga Emas Melonjak
Ilustrasi: Perdagangan Harga Emas Spot. (Internet)

digtara.com – Gelombang aksi unjuk rasa dan kerusuhan yang terjadi di Amerika Serikat diprediksi akan mempengaruhi pergerakan harga emas. Harga emas diprediksi bergerak positif (menguat)  hari ini.

Berdasarkan data Bloomberg, pada Selasa (2/6/2020) pukul 04:52 WIB pagi tadi, harga emas Comex kontrak Agustus 2020 turun tipis. Turun 0,08 persen ke posisi 1.750,3 dolar amerika (USD) per troy ounce. Sementara itu harga emas di pasar spot koreksi 0,4 persen ke level USD1.732,55 per troy ounce.

Level harga emas saat ini hampir menyamai posisi tertinggi sepanjang Mei 2020 di posisi US$1.756 per troy ounce (15 Mei 2020). Dalam periode tahun berjalan (year to date), harga emas telah terkerek 15 persen. Emas sebagai aset aman (safe haven) akan diburu saat situasi dipenuhi ketidakpastian.

Bacaan Lainnya

Analis Monex Investindo Futures, Faisyal, mengatakan harga emas berpotensi naik dalam jangka pendek karena pelemahan dolar AS setelah data ekonomi AS menimbulkan pesimisme.

Selain itu, kerusuhan yang merebak di sejumlah kota menyusul kematian George Floyd dan langkah As mencabut hak khusus Hong Kong juga menjadi sentimen pergerakan harga emas.

Sementara itu, John Stoltzfus, kepala strategi investasi di Oppenheimer menyampaikan investor saat ini tertuju kepada demonstrasi keras di kota-kota AS, atas pembunuhan George Floyd, seorang pria kulit hitam tak bersenjata, oleh polisi.

Presiden Donald Trump menuntut tindakan keras terhadap protes. Namun demikian, pasar saham masih melaju kendati demo merajalela.

“Kemajuan dalam jalan menuju pemulihan ekonomi dapat membantu mengimbangi tekanan di pasar ekuitas. Khususnya tekanan dari tantangan jangka pendek yang berasal dari risiko geopolitik, kesehatan, dan sosial,” papar Stoltzfus.

[AS]

 

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan