Ekonomi Global Diramalkan Alami Resesi Terburuk Sejak Perang Dunia II

  • Whatsapp
Ekonomi Global Diramalkan Alami Resesi Terburuk Sejak Perang Dunia II
Ilustrasi

digtara.com – Bank Dunia (World Bank) meramalkan ekonomi global akan mengalami resesi di 2020 ini. Kegiatan ekonomi internasional akan menyusut 5,2% tahun ini atau merupakan resesi terdalam sejak Perang Dunia II.

Hal ini terungkap dalam laporan Global Economic Prospects baru dari Bank Dunia, Senin (8/6/2020). “(Resesi) menjadi yang terdalam di negara maju sejak PD II dan kontraksi output pertama di negara berkembang dalam enam dekade terakhir,” tegas Direktur Prospek Grup Bank Dunia, Ayhan Kose, dikutip Selasa (9/6/2020).

Aktivitas ekonomi negara maju disebut akan berkontraksi 7% pada tahun 2020. Karena permintaan dan pasokan perdagangan serta keuangan dalam negeri terganggu.

Bacaan Lainnya

Ekonomi AS misalnya, diprediksi -6,1% sementara kawasan Eropa -9,1%. Sedangkan ekonomi Jepang akan menyusut 6,1%.

Pasar dan ekonomi berkembang (EMDE’s) diperkirakan akan berkontraksi 2,5% di 2020. Ini merupakan kontraksi pertama sejak 60 tahun terakhir di mana pendapatan per kapita diperkirakan turun 3,6%.

Baca Juga: Resesi Ekonomi Dorong Harga Minyak Tergelincir

Ekonomi Amerika Latin susut 7,2%. Sedangkan Asia Timur dan Pasifik turun 0,5%. Meski demikian pertumbuhan China tetap terjadi sebesar 1%.

Pemulihan Kembali

“Krisis panjang … dan menimbulkan tantangan global yang besar,” kata Wakil Presiden Bak Dunia untuk Pertumbuhan, Keuangan dan Lembaga yang berkeadilan Ceyla Pazarbasioglu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *