Protes ke Facebook, Perusahaan Kelas Dunia Rame-rame Stop Pasang Iklan

  • Whatsapp
Protes ke Facebook, Perusahaan Kelas Dunia Rame-rame Stop Pasang Iklan
Ilustrasi

digtara.com – Sejumlah perusahaan top dunia melayangkan kritik terhadap Facebook Inc. dengan berhenti memasang iklan di platform tersebut. Langkah ini diambil atas konten berbahaya yang terus menyebar di situs media sosial tersebut. Perusahaan Kelas Dunia Rame-rame Stop Pasang Iklan

Perusahaan kelas dunia, Starbucks dan Diageo mengikuti Unilever, Coca-Cola Co. dan beberapa perusahaan lain yang berencana memangkas pengeluaran iklan. Kritikini diharapkan mampu mendorong Facebook dan media sosial lain membatasi ucapan kebencian dan posting yang memecah belah serta misinformasi.

Memang, secara finansial, satu pengiklan tidak akan mempengaruhi pendapatan Facebook yang pencapai US$17,7 miliar pada kuartal terakhir. Namun banyaknya perusahaan yang mengikuti langkah tersebut berhasil membuat tekanan terhadap Facebook.

Bacaan Lainnya

Dikombinasikan dengan perlambatan ekonomi yang dipicu pandemi, ancaman terhadap Facebook semakin dalam.

“Mengingat jumlah perusahaan yang melakukan boikot, ini akan berdampak signifikan pada bisnis Facebook,” tulis analis Wedbush Securities, Bradley Gastwirth dalam risetnya, seperti dikutip Bloomberg.

“Facebook perlu mengatasi masalah ini dengan cepat dan efektif untuk menghentikan keluarnya iklan yang berpotensi lepas kendali,” lanjutnya.

Berikut ini adalah daftar perusahaan yang berencana untuk menghentikan pengeluaran di media sosial:

Starbucks Corp. – Menunda iklan di semua platform media sosial. Akan memposting di media sosial tanpa promosi berbayar.

Pos terkait