Minggu, 08 September 2024

Apakah Biaya Cat Mobil Ditanggung Asuransi?

Redaksi - Sabtu, 26 November 2022 00:56 WIB
Apakah Biaya Cat Mobil Ditanggung Asuransi?

digtara.com – Biaya perawatan serta kerusakan mobil tidak sedikit. Sebagai contoh, jika kendaraan Anda mengalami lecet, biaya yang harus dikeluarkan lumayan banyak.

Baca Juga:

Karena itu, peran asuransi mobil bisa membantu Anda meringankan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengatasi kendaraan lecet dan memolesnya kembali jadi mulus. Salah satu jenis perlindungan kendaraan yang menawarkan pertanggungan itu adalah asuransi mobil All Risk, seperti asuransi mobil Zurich.

Baca : Tips Pengajuan Klaim Asuransi Mobil Diproses Lebih Cepat

Sementara itu, jika masih bingung dengan biaya yang harus dikeluarkan saat ingin mengecat kendaraan, tentu saja harus sesuai dengan jenis kendaraannya. Salah satunya, biaya cat mobil Honda untuk pemilik kendaraan asal Jepang ini.

Sebelum mengetahui langkah-langkah mengajukan klaim asuransi mobil untuk menanggung biaya cat kendaraan, mari simak dulu penjelasan mengenai jenis-jenisnya.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Seperti dijelaskan sebelumnya, asuransi mobil All Risk menanggung biaya pengecatan karena kendaraan mengalami lecet. Tak hanya itu saja, ada asuransi Total Loss Only (TLO) yang menjadi jenis pertanggungan lainnya yang penting untuk dipahami.

Adapun jenis asuransi mobil yang ditanggung dibedakan berdasarkan premi yang dibayar nasabahnya.

Asuransi TLO

Sesuai namanya, asuransi Total Loss Only (TLO) hanya melindungi tertanggung dari risiko kerugian akibat kehilangan total. Itu berarti, kehilangan total di sini ketika kondisi mobil mengalami kerusakan minimal 75 persen atau kehilangan akibat pencurian.

Lantaran cakupannya tidak terlalu luas, maka nilai premi asuransi jenis ini lebih murah di bandingkan asuransi mobil All Risk.

Dengan begitu, jika mobil mengalami benturan yang menyebabkan lecet di bodi kendaraan, asuransi ini tidak bisa menanggungnya.

Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil All Risk atau komprehensif sebagaimana namanya, maka akan menanggung risiko atas segala jenis kerusakan, mulai dari ringan hingga berat, termasuk lecet di bodi mobil.

Asuransi mobil All Risk cocok untuk jenis kendaraan yang memiliki risiko tinggi mengalami lecet karena tertabrak atau tersenggol kendaraan lain. Pasalnya, asuransi ini dapat menanggung semua kerusakan tersebut.

Cara Klaim Asuransi Cat Mobil

Jika kondisi cat bodi mobil sudah parah karena mengalami lecet dan benturan, maka Anda harus segera mengajukan klaim dengan perlindungan asuransi yang kamu miliki.

Berikut ini adalah bberapa prosedur untuk melakukan pengajuan klaim asuransi mobil karena cat dan bodi mobil baret atau lecet:

1. Kontak pihak asuransi
Hal pertama kali yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi pihak asuransi, karena asuransi lah yang akan memberikan perlindungan dan pertanggungan biaya dari risiko atau kejadian yang tidak terduga.
Pihak kepolisian perlu juga untuk dihubungi jika terjadi kecelakaan tunggal atau beruntun.

2. Informasikan dan ceritakan kronologi kejadian dengan jelas
Berikan informasi selengkap mungkin sesuai kronologi kejadian yang sebenarnya. Tidak perlu berlebihan, karena nantinya ada juga tim yang akan melakukan survei dan memberi penilaian terhadap informasi yang Anda berikan.

3. Isi formulir pengajuan klaim
Karena adanya pertanggungan biaya, Anda perlu melalui proses administrasi dengan mengisi formulir pengajuan klaim. Pastikan mengisi formulir dengan teliti dan sesuai fakta yang terjadi.

Sesuaikan juga dengan jenis pertanggungan yang dimiliki. Jika mobil hanya mengalami lecet ringan atau kurang dari 75% dan Anda memiliki jenis pertanggungan TLO, perusahaan asuransi tentu saja akan menolak klaim yang diajukan.

4. Pastikan dokumen sudah lengkap
Lengkapi berbagai dokumen yang diminta pihak asuransi seperti formulir klaim, salinan polis asuransi, fotokopi SIM, STNK, dan Surat Keterangan Polisi jika kendaraan mengalami kecelakaan, serta dokumen pertanggungjawaban pihak ketiga terkait kecelakaan jika ada.

5. Lampirkan bukti foto
Segera foto kondisi mobil yang lecet atau rusak parah akibat kejadian tidak terduga, misalnya kecelakaan. Bukti ini sangat penting dalam pengajuan klaim ke perusahaan asuransi atau pihak kepolisian jika diperlukan.

6. Gunakan jasa bengkel rekanan
Pastikan perbaikan mobil dilakukan di bengkel rekanan asuransi. Ikuti instruksi terkait ke bengkel rekomendasi manakah mobil kita sebaiknya dibawa untuk diperbaiki.

Bengkel rekanan asuransi umumnya sudah memiliki kualitas pelayanan dan suku cadang yang bagus.

Itulah penjelasan mengenai biaya cat mobil ditanggung asuransi mobil. Semoga bermanfaat!

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Sepeda Motor Senggolan dengan Mobil Tangki, Mahasiswa di Kupang Meregang Nyawa di Jalan

Sepeda Motor Senggolan dengan Mobil Tangki, Mahasiswa di Kupang Meregang Nyawa di Jalan

Begini Kronologi Mobil Terjun ke Danau Toba hingga Tewaskan Kepala Desa Soping Ujung Seribu

Begini Kronologi Mobil Terjun ke Danau Toba hingga Tewaskan Kepala Desa Soping Ujung Seribu

BMW Seri 3 Touring Goda Penyuka Petualang Kini Hadir di Indonesia

BMW Seri 3 Touring Goda Penyuka Petualang Kini Hadir di Indonesia

Polisi Buru Pelaku Perusak Mobil Polisi saat Gerebek Narkoba di Jalan Pelita V Medan

Polisi Buru Pelaku Perusak Mobil Polisi saat Gerebek Narkoba di Jalan Pelita V Medan

Siap Jadi Magnet Pariwisata, Puluhan Mobil Sport Jepang Beraksi Akhir April di Sirkuit Mandalika

Siap Jadi Magnet Pariwisata, Puluhan Mobil Sport Jepang Beraksi Akhir April di Sirkuit Mandalika

Saling Rebutan Penumpang dan Rusaki Mobil, Dua Sopir Angkot di Kupang Diamankan Polisi

Saling Rebutan Penumpang dan Rusaki Mobil, Dua Sopir Angkot di Kupang Diamankan Polisi

Komentar
Berita Terbaru