Ini Cara Cerdik Mengusir Hewan Dari Atap Rumah

  • Whatsapp
Ini Cara Cerdik Mengusir Hewan Dari Atap Rumah
(binatan di atap rumah (rumah.com))

digtara.com – Tikus, kucing, musang dan sejumlah hewan liar lainnya, kerap menjadikan atap rumah sebagai sarang mereka.

Mereka juga kerap kali beralarian di atap rumah. Khususnya menjelang malam ataupun menjelang pagi. Kondisi ini tentunya memberikan kekhawatiran tersendiri. Apalagi tak jarang binatang-binatang itu mengeluarkan suara-suara yang aneh.

Tikus jika berlarian di atap rumah, selanjutnya bisa masuk ke rumah dan merusak perlatan rumah. Sementara kucing dan musang yang ukuran bandannya lebih besar, beresiko membuat atap rumah jebol. Belum lagi kekhawatiran binatang-binatang itu akan menyerang anggota keluarga, khususnya anak-anak.

Bacaan Lainnya

Sebelum atap benar-benar rusak dan ada anggota keluarga yang terluka, sebaiknya binatang-binatang itu segera diusir dari atap rumah.

Berikut cara cerdik mengusir binatang dari atap rumah, seperti dilansir rumah.com, Sabtu (27/6/2020)

 

Tikus

Tikus merupakan hewan penghapal. Untuk itu, cari tahu bagaimana tikus naik atau masuk ke dalam loteng dan atap rumah Adan. Periksa pipa air, kayu penyangga, serta langit-langit rumah. Biasanya, tikus baik melalui pipa penghubung talang air, jadi pasanglah kawat di bagian pipa yang terbuka.

Pilih perangkap hewan yang aman dan cukup besar, sehingga Anda bisa langsung mengeluarkannya begitu hewan terjebak di dalamnya.

Sebaiknya tidak menggunakan racun tikus, karena membunuh tikus secara perlahan. Bisa saja tikus malah mati di loteng atau saluran air Anda yang malah menyebabkan bau tak sedap serta sumbatan di saluran air.

Potong dahan pohon yang merambat ke rumah Anda, karena dahan inilah yang memudahkan tikus naik ke atas atap.

 

Kelelawar

Kelelawar mungkin tak terlalu mengganggu, tapi aroma kotorannya cukup menyesakkan indra penciuman Anda. Untuk itu, pasanglah kawat di lubang masuk loteng Anda, dan jika perlu tambahkan lampu di dekat atap.

 

Kucing dan musang

Jangan biarkan batang pohon terhubung langsung dengan atap rumah Anda yang membuat kucing atau musang memasuki atap dengan mudah.

Ada beberapa aroma yang dibenci kucing dan musang, yaitu aroma lavender, jeruk, dan bawang putih. Jadi, tak ada salahnya menyemprotkan aroma tersebut ke area loteng atau atap.

Jika tak terlalu merepotkan, siapkan beberapa potong bawang putih di sekitar atap agar kucing tak tertarik datang ke atap rumah Anda.

[AS]

 

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

 

Pos terkait