1.266 views

Mahkamah Agung Putuskan Eks Wagub Sumut Nurhajizah Bisa Maju di Pilkada Asahan

Nurhajizah Pilkada Asahan
(Istimewa)

Digtara.com – Mahkamah Agung memutuskan mantan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Brigjen TNI Purn Nurhajizah boleh maju di Pilkada Asahan.

Ini tertuang dalam amar putusan Nomor 6 P/HUM/2020 yang dilansir situs resmi Mahkamah Agung pada Senin, (23/3/2020). Artinya, Nurhajizah berhak untuk mencalonkan diri sebagai calon Bupati Asahan yang akan dilaksanakan serentak pada 2020.

Muat Lebih

Sebelumnya, pada 3 Desember 2019 lalu, Nurhajizah mengajukan Judicial Review atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017. Tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota pasal 4 ayat 1 huruf p angka 2.

Yang berbunyi :

“Warga Negara Indonesia dapat menjadi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Belum pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur bagi calon Bupati, calon Wakil Bupati, calon Walikota atau calon Wakil Walikota di daerah yang sama.”

Niat mantan Wakil Gubernur Sumut tersebut untuk maju di Pilkada Asahan pun terkendala dengan adanya aturan tersebut. Sehingga ia mengajukan uji materil.

Pos terkait