Menteri Kesehatan RI Mundur? Ini Fakta yang Sebenarnya

  • Whatsapp
Menteri Kesehatan RI
Menteri Kesehatan RI

digtara.com | JAKARTA – Beredar narasi di media sosial bahwa Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menuruti permintaan netizen untuk mundur dari jabatannya sebagai menteri kesehatan RI.

“Sesuai permintaan, akhirnya menkes Terawan mundur,” tulis akun twitter @dwikiaprinaldi, Rabu 18 Maret 2020.

@dwikiaprinaldi mengunggah narasi tersebut melalui akun Twitter miliknya.

Bacaan Lainnya

Unggahan ini ramai direspons warganet. Hingga pukul 18.50 WIB, sudah 1.000 akun yang memberikan komentar, 11.400 retweet dan 18.500 likes.

Screenshoot laman Twitter milik akun @dwikiaprinaldi

Namun, dia bukan memperlihatkan video konferensi mundurnya sang Menteri. Tetapi video yang memperlihatkan Menkes Terawan seperti jalan mundur di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Video tersebut diedit menjadi reverse video, makanya terlihat seolah-olah sang menteri berjalan mundur. Padahal sebenarnya Menteri Terawan berjalan maju kedepan.

Peristiwa dalam video itu adalah saat Menteri Terawan datang dan pulang meninggalkan Istana Merdeka pada Selasa 22 Oktober 2019 tahun lalu. Kala itu, Terawan dipanggil oleh presiden RI, Joko Widodo, terkait kesiapannya bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Kesehatan RI.

Hoax Alias Tidak Benar Menteri Kesehatan RI Mundur

Informasi tentang mundurnya menteri yang belakangan sering muncul di televisi akibat virus korona ini adalah tidak benar alias HOAX.

Informasi ini masuk kategori hoax jenis satire atau parodi. Satire biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh. Bisa jadi, niatnya hanya untuk lucu-luan saja.

Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.

[riy]

 

Pos terkait