Ekspor Cengkeh Sumut Menjajal Enam Benua

  • Whatsapp
Ekspor Cengkeh Sumut Menjajal Enam Benua
Ekspos cengkeh Sumatera Utara (Sumut) sebanyak 281,7 ton telah menjajal ke enam benua kurun waktu tahun 2020. (istimewa)

digtara.com – Ekspos cengkeh Sumatera Utara (Sumut) sebanyak 281,7 ton telah menjajal ke enam benua kurun waktu tahun 2020.

Kepala Bidang Balai Karantina Tumbuhan Belawan, Nurdin Kamil menyatakan tahun 2020, Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Belawan memfasilitasi ekspor cengkeh sebanyak 281,7 ton dengan nilai Rp 25 miliar dengan 37 kali pengiriman.

“Tujuannya pun ke berbagai negara di 6 benua, antara lain Kuwait, Netherland, Malaysia, Israel, Marocco, India, Costa Rica, Finlandia, Cyprus, Jordan, Peru,” ujar Nurdin dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 13 Juni 2020.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, cengkeh yang dilakukan melalui Pelabuhan Laut Belawan sudah melalui tahap pemeriksaan oleh pejabat Karantina Pertanian Belawan dan cengkehnya bebas dari OPTK (Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina) sesuai dengan permintaan negara tujuan.

“Tanaman cengkeh membutuhkan iklim yang panas dan air yang cukup. Suhu yang optimal tanaman ini dikehendaki adalah 22-30 oC, dengan kelembaban udara antara 60-80%,” kata SY salah satu eksportir cengkeh.

Hasrul, Kepala Karantina Pertanian Belawan menyampaikan ragam komoditas ekspor dari hasil tanaman perkebunan asal Sumatra Utara ini sangat banyak, salah satunya cengkeh ini.

Pihaknya juga akan terus mendorong tumbuhnya eksportir eksportir muda dengan memfasilitasi kelancaran ekspornya. “Percepatan ekspor dilakukan dengan pelayanan ‘One Click One Go’ serta Pojok Ekspor Belawan,” tandas Hasrul.

[ya]

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

Ekspor Cengkeh Sumut Menjajal Enam Benua

Pos terkait