Gugus Tugas Covid-19 Kota Padangsidimpuan Dilaporkan ke Polisi

  • Whatsapp
Gugus Tugas Covid-19 Kota Padangsidimpuan Dilaporkan ke Polisi
Penasihat Hukum Pasien-01 Kota Padangsidimpuan usai membuat laporan polisi ke Polres Padangsidimpuan. (Facebook)

digtara.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Virus Korona (Covid-19) Kota Padangsidimpuan, dilaporkan ke Polisi. Laporan tersebut terkait pengungkapan identitas pasien positif terjangkit covid-19 di Kota Padangsidimpuan.

GTPP Covid-19 Kota Padangsidimpuan dilaporkan oleh Abdur Rozzak Harahap, dari Kantor Hukum ARHP. Abdur Rozzak mewakili kliennya yang merupakan PDP-01 Covid-19 Kota Padang Sidimpuan. Rozzak melaporkan kasus itu ke Polisi melalui Polres Padangsidimpuan pada Jumat, 26 Juni 2020 kemarin.

Rozzak menyatakan, laporan itu merupakan tindaklanjut atas konfrensi pers yang digelar GTPP Covid-19 Kota Padangsidimpuan pada 16 Juni 2020 lalu.

Di mana pada saat itu, Kepala Dinas Kesehatan serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemerintah Kota Sidimpuan sebagai bagian dari GTPP Covid-19 Kota Padangsidimpuan, menyampaikan data-data pasien Covid-19 di daerah itu.

Mereka juga mengungkapkan inisial, umur, jenis kelamin serta pekerjaan para pasien covid-19. Termasuk data dari suami PDP-01 Covid-19 Padangsidimpuan.

“Jadi klien kita pada tanggal 17 Juni 2020 melihat konfrensi per situ dari media sosial. Klien kami merasa dirugikan karena identitas suaminya diungkap. Meski hanya insial, jenis kelamin, umur dan pekerjaan, namun menurut klien kita, itu sudah 80 persen dari total informasi pribadi suaminya,” sebut Rozzak, Sabtu (27/6/2020).

Apa yang dilakukan Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Kominfo mengungkap identitas dan riwayat penyakit suami dari klien mereka, menurut Rozzak telah melanggar sejumlah ketentuan yang berlaku di Indonesia.

 

Di Antaranya…

Pos terkait