Polisi Gagalkan Peredaran 35 Kilogram Sabusabu Asal China

  • Whatsapp
Polisi Gagalkan Peredaran 35 Kilogram Sabusabu Asal China
Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin memaparkan pengungkapan kasus kepemilikan 35 kilogram narkoba sabusabu di depan instalasi jenazah RS Bhayangkara Medan. Dalam pengungkapan itu, dua orang berhasil ditangkap. Satu diantaranya terpaksa ditembak mati karena melawan saat akan ditangkap. (Irwansyah Putra Nasution/Digtara)

digtara.com – Personel Polisi dari Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Medan, Polda Sumatera Utara, berhasil menggagalkan peredaran sebanyak 35 kilogram narkoba jenis sabusabu. Narkoba itu diduga berasal dari China dan diselundupkan ke Indonesia melalui jaringan narkoba Tanjugbalai-Malaysia.

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin, mengatakan, keberhasilan itu diraih setelah Polisi menggelar rangkaian operasi penangkapan di dua lokasi berbeda di Sumatera Utara dalam dua pekan terakhir.

Operasi penangkapan pertama digelar di salah satu hotel di bilangan Sisingamangaraja, Kota Medan pada pertengahan Mei 2020 lalu. Di mana dari penangkapan itu, berhasil ditangkap seorang tersangka berinsial IL (30) dengan barang bukti narkoba jenis sabusabu seberat 5 kilogram.

Bacaan Lainnya

“Saat penangkapan, kita temukan sabusabu itu dibungkus dalam kemasan Teh China. Saya lalu memerintahkan Kapolrestabes Medan untuk mengembangkan penangkapan itu,” sebut Irjen Martuani saat memaparkan pengungkapan kasus itu di depan Intalasi Jenazah RS Bhayangkara Medan, Selasa (2/6/2020).

Dari pengembangan yang dilakukan selama 10 hari terakhir, diketahui bahwa tersangka IL merupakan orang suruhan dari seseorang berinisial JK di Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara. JK pun diburu dan kini telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Kepolisian.

Dalam upaya Polisi mengejar JK, Martuani mengaku pihaknya mendapatkan informasi jika JK akan kembali melakukan transaksi narkoba dengan seseorang berinisial DS. Polisi pun menindaklanjuti informasi tersebut dan berhasil menangkap DS di Jalan Sungai Apung, Bagan Asahan, Kota Tanjungbalai. Sementara JK belum berhasil ditangkap.

“Dari penangkapan DS, kita ikut mengamankan sebanyak tiga karung goni berwarna putih yang di dalamnya berisi 30 bungkus narkoba jenis sabusabu dengan berat sekira 30 kilogram. Sabusabu itu dibungkus dengan kemasan Teh China.

 

Ditembak mati…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan